Minggu, 15 Maret 2015

Domain dan Web Hosting

1.                  Domain
            Domain adalah nama unik dan yang berfungsi sebagai alamat penunjuk spesifik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server computer seperti web server atau email server di jaringan computer ataupun internet.
            Fungsi Domain itu sendiri adalah untuk mempermudah pengguna di internet pada saat mengakses server. Selain itu domain juga dipakai untuk mengingat nama server yang dikunjungi tanpa harus menghafal deretan angka rumit yang dikenal sebagai IP address.
            Nama domain terdiri dari dua bagian. Misalnya, dalam “wordpress.com” . Kata “. com” mewakili apa yang dikenal sebagai top level domain (TLD) atau primary domain. Dan “wordpress”nya merupakan domain tingkat kedua atau secondary domain, yang merupakan nama domain sebenarnya. Nama domain yang sama, yang bisa sampai 63 karakter, dapat digunakan dengan TLD yang berbeda, seperti dot com, dot org dan dot net
            Cara kerja domain menjadi sebuah alamat spesifik website.
            Setiap komputer yang terhubung ke Internet memiliki alamat IP yang unik (IP = Internet Protocol). Alamat IP terdiri dari empat set angka, misalnya, 195.234.53.199. Untuk dapat saling terhubung melalui internet kita perlu tahu alamat IP-nya.  Tetapi karena cukup sulit jika harus mengingat angka-angka tersebut, maka nama domain-lah yang digunakan sebagai gantinya. Disinilah “Domain Name System” (DNS) yang bertugas menterjemahkan angka-angka IP address menjadi alamat nama domain secara otomatis. Sehingga Nama domain yang Anda ketik di browser akan menuju alamat IP yang sesuai.
            Jadi pengertian domain adalah sebuah alamat spesifik website sebagai pengganti alamat IP (Internet Protocol) yang terdiri dari 2 bagian, yaitu Top Level Domain dan Second Level Domain (dot com dot net dll), dimana Top Level Domain bisa berupa susunan huruf, angka, tanda (-) dan atau gabungan dari ketiganya.Biasanya untuk Top Level Domain maksimal 63 karakter. Namun untuk beberapa TLD khusus diperbolehkan 127 karakter. Dan perlu diketahui, jumlah keseluruhan nama domain tidak boleh melebihi 253 karakter.

2.                  Web Hosting
            Web Hosting adalah salah satu bentuk layanan jasa penyewaan tempat di Internet yang memungkinkan perorangan ataupun organisasi menampilkan layanan jasa atau produknya di web / situs Internet. Tempat yang dimaksud dapat juga diartikan sebagai tempat penyimpanan data berupa megabytes (mb) hingga terabytes (tb) yang memiliki koneksi ke internet sehingga data tersebut dapat direquest atau diakses oleh user dari semua tempat secara simultan.
           
Terdapat berbagai pilihan sebelum Anda memutuskan penyedia layanan web hosting mana yang hendak dipilih seperti platform operasi dan jenis script yang digunakan.Terdapat dua platform operasi utama yaitu Windows, dan Linux. Platform Windows dirancang untuk bekerja pada mesin Windows.
Linux dirancang khusus untuk aplikasi web server. Bahasa scripting dapat berupa PHP (hypertext preprocessor), Perl, atau ASP (active server page).Jenis platform operasi akan menentukan bahasa scripting yang digunakan.Platform Windows menggunakan ASP, sedangkan Linux menggunakan Perl dan PHP. Beberapa perusahaan hosting menyediakan pilihan platform Windows dan Linux untuk pelanggan mereka.Selain yang berbayar, tersedia pula web hosting gratis untuk situs Anda.

Web hosting gratis bagus untuk penggunaan pribadi tetapi tidak dianjurkan jika Anda ingin memulai bisnis.Jatah bandwidth terbatas, nama domain generik, dan fitur terbatas membuat Anda kesulitan mengoptimalkan situs bisnis Anda dengan web hosting gratis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar