Minggu, 15 Maret 2015

Perancangan Sistem

KATA PENGANTAR


Puji syukur kami panjatkan kehadapan Ida Sang Hyang Widhi Wasa,Tuhan Yang  Maha Esa,karena berkat rahmat Beliaulah kami dapat menyelesaikan laporan perencanaan yang bertema “Perencanaan Sistem Aplikasi Tabungan pada SD Negeri 2 Joanyar”.

            Kami menyadari sedalam-dalamnya akan keterbatasan kemampuan kami dalam menyusun perencanaan ini sangat jauh dari kesempurnaan yang diharapkan. Oleh karena itu kritik dan saran dari berbagai pihak yang bersifat membangun sangat kami harapkan demi penyempurnaan laporan  kami selanjutnya.

            Kami juga mengucapkan terimakasih kepada pihak-pihak yang telah membantu kami dalam proses penyusunan laporan perencanaan sistem ini.

            Semoga laporan perencanaan sistem yang kami  susun ini bisa bermanfaat dan memberikan hasil yang lebih bagus dibandingkan dengan sistem yang sebelumnya.




                                                                                    Singaraja, 30 Mei 2014




Penulis







BAB I

PENDAHULUAN



SD Negeri 2 Joanyar adalah sebuah instansi  yang bergerak di bidang pendidikan. Pada dasarnya sebuah instansi sangat memerlukan banyak sekali sistem dalam pengelolaan administrasi di sekolah agar mempercepat administrator dalam penyajian data yang diperlukan oleh warga sekolah. Pada SD Negeri 2 Joanyar ini, khususnya di bagian administrasi tabungan sangat memerlukan suatu aplikasi sistem informasi untuk mengolah dan memelihara data tabungan siswa, menyimpan dan mengolah data permintaan laporan tabungan siswa oleh orang tua siswa, wali kelas, dan siswa itu sendiri, serta menyimpan data tabungan siswa. Maka berdasarkan hal ini untuk bisa memelihara dan mengolah data–data tabungan dan data siswa untuk proses tabungan seperti yang diminta oleh warga sekolah dan  kepala sekolah pada khususnya, maka sudah seharusnya sistem informasi yang dibuat haruslah melibatkan aplikasi sistem informasi yang cukup memadai. Sistem informasi tabungan yang terkomputerisasi ini nantinya akan dibuat dengan menggunakan aplikasi borland-delphi-7-enterprise. Sehingga dengan adanya aplikasi sistem informasi tabungan siswa ini diharapkan dapat memberikan kemudahan dalam perawatan, pencarian, dan proses update data tabungan siswa, data siswa, dan data kelas.


Analis sistem adalah seseorang yang bertanggung jawab atas penelitian, perencanaan, pengkoordinasian, dan merekomendasikan pemilihan perangkat lunak dan sistem yang paling sesuai dengan kebutuhan organisasi bisnis atau perusahaan. Analis sistem memegang peranan yang sangat penting dalam proses pengembangan sistem.
Dalam perencanaan sistem ini, masing – masing dari anggota kami bertindak sebagai analis, teknis, manajerial, dan interpersonal. Masing – masing anggota harus saling bekerja sama dalam perencanaan sampai pengoperasian dan analisis aplikasi yang akan dibuat.


Perkembangan teknologi informasi pada zaman sekarang diikuti juga dengan perubahan konsep pengolahan data menjadi informasi, yaitu dengan penerapan sistem informasi berbasis komputer, yang mengakibatkan pengolahan data menjadi informasi dapat dilakukan dengan cepat dan akurat. Sekolah merupakan lembaga yang sangat membutuhkan sistem yang  sarat akan kemajuan teknologi. Segala jenis administrasi di sekolah sangat membutuhkan sistem demi mempercepatnya proses penyajian data, mempercepat pelayanan terhadap warga sekolah terutama siswa pada khusunya. Dalam hal ini salah satunya untuk menanggulangi hal tersebut dibutuhkan penerapan sistem komputerisasi, penggunaan sistem komputerisasi selain mempermudah dalam hal pengolahan data, juga membuat proses kinerja lebih efektif dan efisien.
SD Negeri 2 Joanyar  merupakan sekolah Negeri dengan jumlah siswa yang cukup banyak membutuhkan sumber data dan pengolah data yang tepat agar tercipta efisiensi dan keakuratan data yang dapat mendukung proses operasional, manajemen dan proses pengambilan keputusan dengan baik dan tepat. Sistem pengolah data yang baik membuat informasi yang masuk dapat menunjang semua kegiatan yang ada di instansi atau perusahaan tersebut.
Selama ini proses pengolahan tabungan pada sekolah ini masih belum menggunakan sistem komputerisasi yaitu saat para siswa menabung, pencatatan nominal uang tabungan siswa masih dimasukkan secara manual pada sebuah buku catatan yang dimiliki oleh pemungut tabungan. Terkadang pemungut kesulitan dalam memperoleh data dengan cepat ketika salah satu warga sekolah  meminta rekap semua tabungan siswa yang telah dipungut. Meskipun proses rekap data sudah menggunakan Software microsoft Excel dalam mengolah data, tapi itu membutuhkan waktu yang tidak sedikit, karena belum menggunakan sebuah sistem informasi, yang jauh akan sangat membantu dalam mempercepat kinerja si pemungut.


Dari uraian di atas maka permasalahan yang kami angkat pada laporan ini  adalah: Bagaimana merancang dan mengimplementasikan sistem informasi administrasi tabungan yang berbasis aplikasi desktop. Bagaimana memaksimalkan pemberian informasi berbasis aplikasi dekstop tentang data tabungan dan data siswa di semua pihak yang terkait secara akurat dan benar,sehingga proses administrasi tabungan menjadi lebih mudah dan mempercepat proses penyajian data pada sekolah.


Selama ini pengolahan tabungan yang sudah berjalan di SD Negeri 2 Joanyar, diketahui bahwa pengolahan datanya masih bersifat manual saat pemungutan tabungan dilakukan, hanya menggunakan kalkulator dan bantuan software Microsoft Excel saja ketika perhitungan dan rekap data dilakukan. Sehingga dalam pengolahan data memerlukan waktu yang tidak sedikit, apalagi dengan jumlah siswa yang banyak, terkadang pemungut tabungan memiliki banyak kendala dalam melayani siswa. Kendala yang sering dialami pemungut tabungan selama ini dalam pengolahan data tabungan siswa  antara lain :
1.      Belum baiknya pengelolahan data pada lingkup data tabungan karena belum menggunakan sistem komputerisasi yang memadai.

2.      Tidak memiliki database siswa

3.      Kurang baiknya pemeliharaan data yang berkaitan dengan tabungan yakni data siswa maupun data tabungan itu sendiri.

4.      Formulir – formulir jumlah tabungan siswa tersebut masih berupa laporan sederhana yang masih belum terkomputerisasi sehingga data – data yang ada pada formulir – formulir tersebut masih belum terpelihara dan terawat dengan baik dalam arti dapat hilang,

5.    Lamanya proses pencarian informasi data yang dibutuhkan dengan cepat dan proses update data yang masih belum efisien disebabkan belum terkomputerisasi dengan baik dan tempat penyimpanan yang kurang baik.


Karena tuntutan akses data dan update data yang cepat, maka dibutuhkan sistem yang mempermudah dan mempercepat pencarian informasi khususnya dalam pengolahan tabungan. Dalam sistem informasi tabungan ini melibatkan database yang digunakan untuk menampung data – data yang mencakup data siswa, data kelas, dan data tabungan. Dimana data – data tersebut akan diolah dengan baik , oleh user yang bertindak sebagai operator. Adapun kemampuan – kemapuan positif dari sistem yang baru antara lain:

1.      Dengan adanya sistem yang baru operator menjadi lebih mudah dalam penyajian data.

2.      Meningkatkan efektifitas dan efisiensi dari suatu lembaga pendidikan dikarenakan adanya informasi yang selalu up to date. Mempercepat penyampaian informasi baik terhadap guru maupun siswa.

3.      Mempercepat pembuatan berbagai report, dikarenakan informasi yang sudah tertata dengan rapi dan tersampaikan dengan cepat.

4.       Mempermudah pengisian tabungan bagi pengurus di setiap harinya dan pada tahun ajaran baru, dimana pengurus harus melakukan pengisian data siswa

5.      Mempermudah proses tabungan bagi siswa di setiap akhir ajaran baru, dimana siswa dapat mengetahui hasil tabungannya dari setiap yang sudah pernah di tabung.


Dengan adanya sistem baru yang kami buat, keuntungan - keuntungan yang diperoleh dari sistem yang baru adalah :

1.      Dengan aplikasi sistem informasi tabungan  ini akan memberikan kemudahan dan membantu mempercepat proses penyampaian informasi tentang tabungan siswa

2.      Dengan menggunakan aplikasi sistem informasi tabungan akan memberikan keuntungan – keuntungan seperti kemudahan dalam mengupdate data, pencarian data, dan pemeliharaan data persediaan.

3.      Dengan dibangunnya aplikasi sistem informasi tabungan yang baik akan menciptakan pengawasan yang baik dan efektif yang akan memberikan keuntungan :

Ø  Terjaminnya data tabungan yang diterima sesuai dengan yang di tabung siswa
Ø  Terlindung dari kecurangan para wali murid
Ø  Pencatatan persediaan yang akurat tentang tabungan masuk, keluar


BAB III

PEMBAHASAN PERENCANAAN PROYEK



Dalam perencanaan program sistem informasi administrasi tabungan pada SD Negeri 2 Joanyar  ini, kami merekomendasikan menggunakan beberapa komponen  agar aplikasi berjalan dengan baik yaitu :
1.      Perangkat Keras (Hardware)
a)      CPU dengan processor PENTIUM IV
b)       RAM
c)      Monitor SVGA
d)     HardDisk dengan kapasitas min 10 GB
e)      Keyboard
f)       Mouse
g)      Printer
h)      USB Drive
2.      Perangkat Lunak (Software)
a)      Sistem Operasi Windows 2007
b)      Borland Delphi 7 enterprise
3.      Personil : pemungut tabungan (yang mengoperasikan sistem) , Siswa (menyediakan masukan dan mengkonsumsi keluaran) ,wali kelas (melakukan aktivitas manual yang mendukung sistem)
4.       Data : data siswa, data kelas dan data tabungan yang tersimpan dalam jangka waktu tertentu .
5.      Lokasi : Sekolah Dasar  Negeri 2 Joanyar


Berikut ini adalah daftar harga perangkat – perangkat yang dibutuhkan dalam perancangan sistem aplikasi tabungan :


Nama perangkat
Harga (Rp)
Computer PC
Rp 6.100.000,-
Printer
Rp. 1.000.000,-
USB Drive
Rp.90.000,-


Proyek ini akan mengambil tempat di SD Negeri 2 Joanyar. Dan berikut ini adalah tabel jadwal pekerjaan proyek yang akan kami lakukan.

No.
Nama Kegiatan
Tahun 2014
Juni
Juli
Agustus
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
Pengumpulan
Data












2
Mengidentifikasi
kebutuhan sistem












3
Perancangan
prototype sistem












4
Pengujian
prototype sistem












5
Implementasi
sistem














Adapun Kelayakan – kelayakan yang bisa dipenuhi dari sistem yang kami rancang adalah sebagai berikut :
































System Request
 Proyek Sistem Informasi Administrasi Tabungan pada SD Negeri 2 Joanyar.
Project Sponsor:
Kepala Sekolah SD Negeri 2 Joanyar
Business Need:
Aplikasi ini dibuat untuk mempercepat proses operasional administrasi tabungan.
Business Requirements

1.      Data nama siswa yang menabung setiap hari
2.      Laporan data tabungan
3.      Laporan data kelas siswa
4.      Pendataan tabungan
Business Value:
Kami berharap dengan dioperasikannya aplikasi ini pada SD Negeri 2 Joanyar pemungut tabungan mendapatkan banyak kemudahan dalam memasukan,mengolah dan mencari data yang dibutuhkan guna kelancaran administrasi tabungan dan efisiensi waktu dalam bekerja. Sehingga dengan waktu yang seminimal mungkin, dapat menghasilkan pekerjaan yang cepat dan akurat, jika dibandingkan menggunakan pengolahan data manual yang sebelumnya.

Permasalahan Khusus dan Batasan:
1.      Aplikasi harus dimulai tahun ajaran yang baru tahun depan.
2.      Petugas pemungut tabungan masih belum familiar menggunakan bahasa pemrograman Borland-Delphi7-interprise.




BAB IV

PENUTUP



Dari penyusunan laporan perencanaan sistem dengan judul Perencanaan Sistem Aplikasi Tabungan pada SD Negeri 2 Joanyar dapat diambil kesimpulan sebagai berikut:
1.      Dengan penggunaan aplikasi ini akan memberikan kemudahan dan membantu mempercepat proses penyampaian informasi tentang tabungan siswa bagi pemungut.
2.      Dengan menggunakan aplikasi ini akan memberikan  keuntungan – keuntungan seperti kemudahan dalam mengupdate data, pencarian data, dan pemeliharaan data persediaan.
3.      Dengan dibangunnya aplikasi sistem informasi tabungan yang baik akan
menciptakan pengawasan yang baik dan efektif mengenai data tabungan sekolah.
4.2. Saran
Dengan dioperasikannya aplikasi administrasi tabungan ini, diharapkan petugas pemungut tabungan dapat meningkatkan pengetahuannya dalam bidang IT,  khususnya dalam bahasa pemrograman agar mempermudah menjalankan aplikasi sistem informasi guna mempermudah dalam penyajian data untuk pihak yang membutuhkan data tabungan.



DAFTAR PUSTAKA







Tidak ada komentar:

Posting Komentar